Jumat, 18 November 2011

Kebaikan dan Kelemahan Organisasi dengan Tipe Kerucut



                Organisasi dengan tipe kerucut mengandung kebaikan dan kelemahan. Beberapa kebaikan organisasi dengan tipe kerucut adalah :
1.       Pengandalian dapat dilakukan secara efektif karena rentang kendali sempit.
2.       Karena jumlah formasi pimpinan banyak, akan memberikan motivasi kepada para bawahan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.
3.       Semangat kerja para pegawai pada umumnya tinggi karena mereka berlomba untuk mendapat promosi.

Sedang beberapa kelemahan organisasi dengan tipe kerucut, antara lain :

1.       Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah sangat jauh.
2.       Komunikasi dalam organisasi harus melalui beberapa jalur atau saluran (channel) sehingga sering terjadi berbagai macam bentuk hambatan.
3.       Penyampaian informasi dan respon atau umpan balik (feddback) dari pimpinan tingkat atas kepada pimpinan tingkat bawah dan sebaliknya memakan waktu yg cukup lama. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya birokratisme, yaitu hambatan-hambatan dalam kantor.
4.       Hubungan lebih bersifat formal sehingga regid (kaku).
5.       Kurang saling mengenal di antara pegawai sehingga hubungan antara pribadi makin berkurang.

Organisasi Dengan Tipe Piramid Terbalik

                Salah satu cirri dari organisasi dengan tipe pyramid terbalik adalah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Kalau ditinjau dari segi kepangkatan. Organisasi dengan tipe pyramid terbalik mempunyai pegawai yang berpangkat tinggi lebih besar daripada jumlah pegawai yang pangkatnya rendah. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional, seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga pnelitian. Lembaga-lembaga pendidikan (akademi, institu, universitas). Organisasi ini tidak baik untuk organisasi-organisasi yang peng-angkatan pegawainya berdasarkan pada formasi jabatan structural.

Keterangan :
Menurut PP. No. 7 Tahun 1977 Jenjang Pangkat Pegawai Negri Sipil dibagi menjadi 17 Jenjang. 17 Jenjang itu selanjutnya dibagi menjadi 4 golongan, yaitu golongan I, II, III, IV. Masing-masing golongan dibagi menjadi 4 ruang (IV.a, IV.b, IV.c, IV.d, dan IV.e).

                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar