Kamis, 17 November 2011

TIPE ORGANISASI (TYPE OF ORGANITATION)



                Tipe organisasi berbeda dengan bentuk organisasi. Bentuk bentuk organisasi memandang organisasi dari segi saluran wewewang, saluran hirarki, dan tata hubungan (lini, staf, dan fungsi) yang ada dalam organisasi. Sedang tipe-tipe organisasi memandang organisasi dari segi jumlah dan susunan pejabat atau jumlah sususan organisasi yang terdapat dalam organisasi. Makin banyak jumlah satuan organisasi, maka jumlah pejabatnya juga semakin banyak. Secara hirarki, satuan organisasi dibedakan menjadi : satuan organisasi utama, satuan organisasi lanjutan, sub-satuan organisasi lanjutan, dan satuan organisasi operasional.

1.       Satuan organisasi utama, adalah satuan organisasi yang ada langsung dibawah pucuk pimpinan.
2.       Satuan organisasi lanjutan, adalah satuan organisasi yang ada langsung dibawah satuan organisasi utama.
3.       Sub-satuan organisasi lanjutan, adalah satuan organisasi yang ada langsung dibawah satuan organisasi lanjutan.
4.       Satuan organisasi operasional, adalah satuan organisasi yang ada langsung dibawah sub-satuan organisasi lanjutan.

Agar pengertian satuan-satuan organisasi semakin jelas, lihat bagan organisasi dibawah ini, dan akan dibahas lebih lanjut dibagian lain.
Menurut tipenya, organisasi dibedakan menjadi : organisasi dengan tipe pyramid mendatar (flat), organisasi dengan tipe kerucut, dan organisasi dengan tipe pyramid terbalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar