1. PENDELEGASIAN WEWENANG
Arti Pentingnya Pendelegasian Wewenang
Dari
berbagai definisi tentang pendelegasian wewenang, dapat disimpulkan, bahwa :
a. Pendelegasian wewenang merupakan dinamika organisasi, karena
dengan pendelegasian wewenang ini para bawahan mempunyai wewenang, sehingga
mereka dapat mengerjakan sebagian pekerjaan delegator (pimpinan).
b. Pendelegasian wewenang merupakan proses yang bertahap dan
yang menciptakan pembagian kerja, hubungan kerja, dan adanya kerja sama dalam
suatu organisasi/perusahaan.
c. Pendelegasian wewenang dapat memperluas ruang gerak dan dan
waktu seorang manajer.
d. Pendelegasian wewenang, manajer tetap bertanggung jawab
terhadap tercapainya tujuan perusahaan.
e. Pendelegasian wewenang menjadi ikatan formal dalam suatu
organisasi.
Pendelegasian
wewenang penting dan mutlak harus dilakukan seorang manajer (pimpinan), karena
:
a.
Manajemen baru dikatakan ada, jika
ada pembagian wewenang dan pembagian kerja.
b. Adanya keterbatasan (fisik, waktu, perhatian, dan
pengetahuan) seorang manajer.
c.
Supaya sebagian tugas dan pekerjaan
manajer dapat dikerjakan oleh para bawahannya.
d. Merupakan kunci dinamika organisasi.
e.
Menciptakan ikatan, hubungan formal,
dan kerjasama antara atasan dengan bawahan.
f.
Menciptakan terjadinya proses
manajemen.
g.
Memperluas ruang gerak dan waktu
seorang manajer.
h.
Membuktikan adanya pimpinan dan
bawahan dalam suatu organisasi.
i.
Tanpa pendelegasian tidak akan ada
pimpinan dan bawahan.
Sifat dan
Asas Pendelegasian Wewenang
Ketika
seorang manajer mendelegasikan wewenangnya ke bawahan pada saat yang sama,
manajer tersebut masih tetap memeliki
wewenang itu. Manajer (delegator) tidak
hilang haknya terhadap wewenang yang telah didelegasikannya itu. Jadi, wewenang
menjadi milik bersama delegator dan delegate, sehingga tugas-tugas atas
wewenang yang didelegasikan itu masih dapat dikerjakan sendiri oleh delegator.
D samping itu manajer (delegator) sewaktu-waktu dapat menarik kembali wewenang
yang didelegasikannya tadi dari bawahan (delegate). Untuk menghindari
pendelegasian yang tidak tepat, seorang manajer harus berpedoman pada
pendelegasian wewenang berdasarkan job description dari bawahan yang
bersangkutan.
Asas
Pendelegasian wewenang :
a.
Asas kepercayaan
b. Asas delegasi atas hasil yang diharapkan
c.
Asas penentuan fungsi atau asas
kejelasan tugas
d. Asas rantai berkala
e.
Asas tingkat wewenang
f.
Asas kesatuan komando
g.
Asas keseimbangan wewenang dan
tanggung jawab
h.
Asas pembagian kerja
i.
Asas efisiensi
j.
Asas kemutlakan tanggung jawab
Nama : Ryan Ramanda P
Kelas : 2 KA 29
NPM : 19110712
Tidak ada komentar:
Posting Komentar