Jumat, 01 Oktober 2010

Bab 1. PENGERTIAN, TUJUAN, HUBUNGAN, RUANG LINGKUP ISD

PENGERTIAN ISD
Secara singkat, ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian, seperti contohnya menelaah masalah sosial dari berbagai ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu seperti ekonomo,geografi,antropologi dan psikologi. Dan ISD pun bukan gabungan ilmu-ilmu sosial yang dipadukan. Selanjutnya, ISD merupakan suatu ilmu pengetahuan, yang menurut Soerjono Soekanto adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran (logika), sehingga pengetahuan mana akan selalu dapat diperiksa dan diuji secara kritis oleh orang lain.

TUJUAN ISD
Sebagai perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian seseorang agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap orang tersebut, khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik. Dan agar kita dapat Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial danmasalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Serta memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

HUBUNGAN ISD DENGAN IPS
ISD dan IPS memiliki persamaan dan perbedaan, diantaranya
            Persamaannya adalah Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan dan Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri serta Dua-duanya mempunya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan social
            Adapun perbedaannya adalah ISD diberikan diperguruan tinggi tetapi IPS diberikan di SD dan sekolah kejuruan. ISD merupakan 1 mata kuliah tunggal, namun IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran untuk sekolah lanjutan. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap dan kepribadian, tetapi IPS diarahkan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

RUANG LINGKUP ISD
Dalam perkembangannya, ISD banyak berkonsentrasi pada urusan masalah sosial, menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya(5). Contohnya antara lain:
- Kejahatan
- Kemiskinan
- Anti perilaku sosial
- Penyalahgunaan obat
- Penyalahgunaan alkohol
- Ekonomi Perampasan
- Pengangguran
Masalah ini terjadi di hampir tiap daerah di seluruh dunia, namun di beberapa daerah cenderung terjadi lebih sering, dan pada tingkat yang lebih parah.

Sumber :

Nama           : Ryan Ramanda Prabangkara
Kelas           : 1 KA 31
NPM            : 19110712
Mata Kuliah  : Ilmu Sosial Dasar - Soft Skill
Dosen          : ASRI WULAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar