Selasa, 10 Mei 2011

Ringkasan bab 2. Manusia dan Kebudayaan


BAB 2. Manusia Dan Kebudayaan

Manusia dan kebayaan adalah 2 hal yang sangat erat kaitannya. Manusia di alam dunia ini memegang peran yang unik. Dalam ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan system yang dimiliki oleh manusia.
Hakekat manusia adalah mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Tubuh itu diartikan sebagai materi yang dapat terlihat, diraba, dirasa, wujudnya nyata, tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubuhnya hancur dan lenyap. Sedangkan jiwa terdapat dalam tubuh, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, sifatnya abstrak, tetapi abadi. Jika manusia itu meninggal, jiwa lepas dari tubuh, dan kembali ke asalnya, yaitu Allah, dan jiwa itupun tidak mengalami kehancuran. Contoh hakekat lainnya adalah manusia adalah makhluk hayati yang budayawi, dank arena manusia sebagai makluk budayawi, manusia dapat dipelajari dari segi anatomi, fisiologi, biokimia, dll. Dan masih banyak lainnya hakekat-hakekat manusia tersebut.
Adapun pengertian dari kebudayaan itu bermacam-macam definisi menurut sarjana2 dibidang social, salah satunya adalah dua orang antropologi terkemuka yaitu Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski yang mengemukaan bahwa cultural Determinism berarti segala sesuatu yang terdapat masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Herkovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang superorganik, karena kebudayaan yang turun temurun dari generasi ke generasi hidup terus.
Kebudayaan pun memiliki beberapa unsure yang harus kita ketahui, yang dimaksud unsur disini adalah apa saja yang sesungguhnya ada di kebudayaan itu. Menurut C.Kluckhohn mengemukakan bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal yaitu
1.       System Religi (system kepercayaan
2.       System organisasi kemasyarakatan
3.       System pengetahuan
4.       System mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
5.       System teknologi dan peralatan
6.       Bahasa
7.       Kesenian
Unsure kebudayaan tersebut dapat dijabarkan lagi kedalam unsure-unsur yang lebih kecil
                Wujud dari kebudayaan mempunyai tiga wujud
1.       Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
2.       Kompleks aktivitas, dan
3.       Wujud sebagai benda
Kaitan antara manusia dan kebudayaan adalah mausia sebagai prilaku kebudayaan, dan
kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar