Selasa, 10 Mei 2011

Ringkasan bab 1. Konsep IBD


BAB 1. Konsep Ilmu Budaya Dasar
               
Mata kuliah IBD adalah sebagai salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan tentang masalah-masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Latar belakang adanya mata kuliah IBD adalah selain untuk melihat kebudayaan bangsa Indonesia, juga sesuai dengan program pendidikan di perguruan tinggi, dalam rangka menyempurnakan pembentukan sarjana.
                Ilmu budaya dasar adalah salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah yang wajib dipeljari di perguruan tinggi, baik yang bersifat eksakta, maupun non-eksakta.
                Dan pengertian IBD itu sendiri adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalha-masalah manusia dalam kehidupan. Istilah IBD pun dikembangkan di Indonesia yang berasal dari behasa inggris, yakni “The Humanities”, yang artinya humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus, yang artinya manusia, berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari the humanities diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya yang halus. Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya, IBD dalam bahasa inggris adalah basic humanities. Sedangkan pengetahuan budaya dalam bahasa inggris adalah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya. Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, tetapi mengenai pengetahuan dasar dang pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan unttuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.
                IBD pun memiliki tujuan, yakni merupana usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
                IBD memiliki ruang lingkup, dan ada 2 masalah pokok yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Kedua masalah itu adalah :
1.       Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati menggunakan pengetahuan budaya.
2.       Hakekat manusia yang bersifat universal (satu), akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar