Selasa, 28 Desember 2010

Bab 3. Artikel bancana alam 1


Tsunami Mentawai

Berita terbaru tentang Tsunami Mentawai - Indonesia kembali di Landa bencana Tsunami. Kali ini lokasi Tsunami terjadi di Mentawai, yaitu pada senin 25 oktober 2010. Mentawai yang ada di provinsi Sumatera barat tersebut di timpa bencana gempa dengan skala 7.2 SR.

Dan pada selasa 26/10/2010 Badan Geofisika dan Klimatologi atau BMKG telah mencatat mencatat gempa 5,4 SR terjadi di kawasan itu. Lokasi gempa berjarak 42 km arah selatan Sipura Mentawai, Sumatra barat, dengan kedalaman kira-kira 13 km.

Sebelumnya, sekitar pukul 17.51 WIB, juga terjadi gempa dengan 5,6 SR yang terjadi di 96 km barat daya Pagai Selatan, Mentawai. Kedalaman gempa di perkirakan kurang lebih sekitar 10 km. Kejadian Grmpa tersebut telah membuat panik warga di pengungsian.


Peristiwa Gempa di Mentawai ini telah menjadi topik utama di twitter. Kebanyakan para pengguna twitter menyampaikan rasa duka atas terjadinya musibah dan bencana yangv terjadi di Mentawai ini.

Akibat dari gempa tersebut telah banyak memakan korban. Di perkirakan hingga saat ini korban gempa Tsunami di Mentawai telah mencapai kurang lebih 31 orang tewas dan 105 lainnya dinyatakan hilang.


Solusi  
Jika berada di sekitar pantai, terasa ada guncangan gempa bumi, air laut dekat pantai surut secara tiba-tiba sehingga dasar laut terlihat, segeralah lari menuju ke tempat yang tinggi (perbukitan atau bangunan tinggi) sambil memberitahukan teman-teman yang lain.

Jika sedang berada di dalam perahu atau kapal di tengah laut serta mendengar berita dari pantai telah terjadi tsunami, jangan mendekat kepantai. Arahkan perahu ke laut. Jika gelombang pertama telah datang dan surut kembali, jangan segera turun ke daerah yang rendah. Biasanya gelombang berikutnya akan menerjang. Jika gelombang telah benar-benar mereda, lakukan pertolongan pertama pada korban.

Pendapat
Tsunami adalah bencana yang sangat besar dan sangat ditakuti oleh manusia,,, oleh karena itu berhati-hatilah jika tinggal di daerah pesisir pantai.

Nama           : Ryan Ramanda Prabangkara
Kelas           : 1 KA 31
NPM            : 19110712
Mata Kuliah  : Ilmu Sosial Dasar - Soft Skill
Dosen          : ASRI WULAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar